n63AfrKB5vHuRoNMmV2ZPagb29vH6dxKuGyi6xUq
18 Manfaat Daun Seledri dan Kandungan Nutrisi (LENGKAP)

18 Manfaat Daun Seledri dan Kandungan Nutrisi (LENGKAP)

Seledri, mungkin kita semua sudah tidak asing lagi mendengar nama tanaman satu ini. Tanaman yang memang sering kali dimanfaatkan banyak orang untuk pelengkap atau bumbu dari makanan agar terasa lebih nikmat rasanya. Pada sesi ini kita akan bahas secara lengkap sampai tuntas akan manfaat daun seledri beserta kandungan nutrisi yang terdapat pada daun ini.

Penjelasan Singkat Seledri

Daun Seledri

Tanaman Seledri memang termasuk dalam jenis sayuran yang memang lebih sering dimanfaatkan bagian daunnya. Tanaman ini juga memang kerap kali digunakan untuk bahan pembuatan obat untuk penyakit tertentu karena memang banyak kandungan senyawa baiknya.

Tanaman seledri memiliki nama latin yaitu Apium Graveolens L. Bukan hanya di Indonesia, beberapa negara termasuk Jepang, Korea dan Cina juga memang mempergunakan bagian tangkai daun ini untuk dijadikan bahan makanan.

Menurut penjelasan dari Wikipedia, di Indonesia tanaman ini pertama kali dikenalkan oleh bangsa Belanda yang memang digunakan untuk penyedap rasa sup atau sebagai lalap. Berbeda sedikit dengan penduduk yang tinggal di benua Eropa. Penduduk disana memang memanfaatkan tanaman ini mulai dari bagian daun, tangkai daun, buah dan umbinya.

Umumnya tinggi dari tanaman ini memang tergolong sangatlah rendah, yaitu kisaran kurang dari 1 meter saja. Bagian daun tanaman ini juga tersusun gemuk dengan tangkai yang cukup pendek. Tanaman ini memang akan tetap tumbuh subur baik pada dataran tinggi maupun rendah, pada suhu 20-30° C, Ph 5,5-6,5 dan kelembaban 65-75%.

Rekomendasi untuk sistem penanaman seledri sendiri akan sangat baik ketika dimulai pada awal musim hujan dan akhir musim kemarau. Karena pada waktu ini, seledri akan sangat mungkin untuk tumbuh secara maksimal, mungkin banyak senior yang membudidayakan tanaman ini sudah mengerti akan siklus menanam ini.

Macam-Macam Seledri

Tanaman ini memiliki tiga macam kelompok yang memang banyak dibudidayakan banyak orang. Beberapa macam tanaman ini yaitu:

  • Seledri Daun / Iris (Apium Graveolens Kelompok Secalinum)
  • Seledri Tangkai (Apium Graveolens Kelompok Dulce)
  • Seledri Umbi (Apium Graveolens Kelompok Rapaceum)

Kandungan Nutrisi Seledri

Membahas mengenai kandungan nutrisi dari tanaman seledri tentu sangatlah banyak, namun kalian tidak usah khawatir akan hal tersebut. Saya akan mencoba menjelaskan selengkap mungkin dan agar mudah untuk anda pahami tentunya. Berikut beberapa penjelasan akan kandungan nutrisi dari seledri:

1. Kalium

Seledri memang mengadung kalium yang merupakan eletrolit/mineral penting untuk kebutuhan tubuh sehari-hari. Manfaat dari kalium pada tanaman ini tentu untuk membantu mengatur keseimbangan asam basa serta menjaga aktivitas jantung agar tetap berjalan normal dan sehat.

Manfaat lain dari kalium juga dapat membantu proses pemecahan karbohidrat dan pembentukan otot pada bagian tubuh. Dalam satu porsi jus daun seledri kira-kira mengandung ±1.050 gram kalium.

2. Kalsium

Kandungan kalsium yang terdapat pada daun seledri juga memang cukup untuk memenuhi kebutuhan bagi tubuh. Seperti kita tahu, fungsi utama kalsium yaitu berguna untuk menjaga struktur rangka tulang dan menjaga kesehatan gigi.

Di samping manfaat daun seledri akan kandungan kalsiumnya tentu juga dapat berperan penting untuk membantu mengantisipasi terjadinya penyempitan dan pelebaran pembuluh darah.

3. Folat

Nutrisi lain yang memang terkandung pada daun seledri yaitu float. Manfaat nutrisi ini yaitu tentu untuk membantu tubuh dalam memproduksi serta memecah protein. Apabila asupan asam folat pada tubuh kita dalam kondisi kurang tentu akan memicu munculnya sariawan, anemia, diare dan masalah rambut.

4. Serat

Kandungan serat pada daun seledri yang cukup banyak sehingga akan membantu memperlengkap kebutuhan gizi tubuh kita. Manfaatnya sendiri untuk memperlancar sistem pencernaan sehingga akan mencegah terjadinya sembelit dan juga membantu program diet bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya.

5. Antioksidan

Tidak berbeda jauh dengan sayuran lainnya, seledri juga memang memiliki kandungan antioksidan yaitu flavonoid, fitonutrien, flavon, fitosterol dan stilbenoids yang akan menambah atau memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap serang penyakit.

6. Vitamin K

Vitamin K pada seledri tentu berguna untuk mendukung pembekuan darah sehingga akan mempercepat proses pemulihan atau penyembuhan ketika mengalami luka luar. Apabila asupan Vitamin K pada tubuh kurang, tubuh akan mengalami pendarahan dan apabila terjadi luka tentu akan cukup sulit dalam penyembuhannya.

Selain untuk mempermudah proses penyembuhan luka, vitamin ini memang dapat membantu menjaga kesehatan tulang sama halnya dengan kalsium.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Manfaat Daun Seledri Untuk Rambut

Berbicara mengenai manfaat seledri untuk kesehatan baik pria maupun wanita memang sangatlah banyak. Beberapa kandungan nutrisi penting yang memang ada pada seledri ini tentu menjadikan tanaman ini cukup dicari-cari banyak orang.

Berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat daun seledri bagi kesehatan.

1. Mencegah Terjadinya Peradangan Otak

Seiring dengan bertambahnya usia, resika mengalami peradangan pada otak tentu akan meningkat dibandingkan pada saat masih muda. Nah daun seledri juga berguna untuk mencegah atau mengantisipasi agar tidak terjadi masalah ini.

Anda hanya perlu mengonsumsi daun seledri secara rutin dan tentu dengan batasan konsumsinya yang wajar.

2. Menurunkan Kolesterol

Penting untuk anda ketahui bahwa daun seledri memang dapat membantu mengobati penyakit kolesterol. Ketika anda mengalami tingginya kadar kolesterol didalam tubuh segeralah mengonsumsi daun seledri dengan rutin setiap hari maka kadar kolesterol dalam tubuh akan segera turun.

3. Menstabilkan Tekanan Darah (Hipertensi)

Adanya kandungan phtalides pada daun seledri terbukti membantu menstabilkan atau menurunkan tekanan darah pada tubuh hingga 14%. Senyawa ini memang dapat anda ketahui melalui asal dari aroma unik yang memang terdapat pada daun seledri.

Dengan mengonsumsi daun seledri setiap hari tentu dapat membantu menjaga tekanan darah anda agar tetap stabil.

4. Membantu Diet

Bagi para wanita, memiliki bentuk tubuh ideal tentu menjadi kebanggan sendiri dan akan menambah tingkat kepercayaan dirinya. Namun banyak wanita yang memang mengeluh karena pola diet yang salah sehingga akan merasa tersiksa sendiri.

Manfaat jus daun seledri memang akan sangat membantu proses diet anda dan tentu harus diimbangi dengan olahraga yang cukup. Minumlah secukupnya dan secara rutin untuk mempercepat penurunan berat badan anda.

5. Menurunkan Demam

Bukan hanya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh saja, ternyata manfaat daun seledri ini juga dapat berguna untuk menurunkan demam. Anda hanya perlu menumbuk daun seledri hingga halus kemudian ambilah air hasil tumbukan dari daun ini dan oleskan pada bagian dahi anda.

Air yang dihasilkan dari tumbukan daun seledri memang mempunyai kemampuan untuk mendinginkan, hal ini tentu dapat bermanfaat juga untuk menurunkan suhu tubuh atau demam.

6. Mengobati Parkinson dan Stroke

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah satu Universitas Suzhou (China) mengungkapkan bahwa ternyata daun seledri memang bermanfaat untuk menurunkan kerusakan yang tentu dapat terjadi pada saraf akibat dari penyakit stoke dan parkinson.

Apabila anda atau anggota keluarga anda ada yang mengalami penyakit ini, cobalah untuk mulai mengonsumsi daun seledri secara rutin.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Seperti yang sudah kita bahas pada bagian kandungan daun seledri, daun ini memang mengandung kalsium yang cukup tinggi dan tentu akan berguna untuk melindungi sel-sel pada tulang dan gigi anda agar selalu dalam keadaan sehat.

8. Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Masalah ini memang kerap kali dianggap sepele oleh banyak orang. Pada kenyataannya, apabila masalah ini terjadi secara terus menerus tentu akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari anda.

Tubuh anda akan terasa kurang fit dan segar karena anda mengalami susah tidur pada malam hari, konsentrasi dapat terganggu dan tubuhpun juga terasa lemas. Cobalah untuk mengonsumsi jus daun seledri untuk mengatasi masalah ini dengan cepat karena pada daun seledri terdapat kandungan alkali yang berguna untuk menenangkan sistem saraf anda.

9. Mengobati dan Mencegah Kanker

Penyakit kanker memang sampai saat ini masih menjadi masalah penyebab kematian terbesar seseorang dan memang sampai kapanpun tetap akan ditakuti oleh banyak orang.

Sebuah penelitian dari para pakar kesehatan yang berada di Amerika menyatakan bahwa ternyata daun seledri terbukti mengandung zat anti kanker yang berguna untuk melawan sel kanker dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun ini secara rutin tentu anda akan dapat terhindar dari serangan penyakit kanker yang mengerikan tersebut.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Siapa sangka ternyata manfaat daun seledri juga dapat menjaga kesehatan rambut kita, bukan hanya untuk diet saja. Daun ini memang dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut dan dapat menghintamkan rambut kita, beberapa pakar kesehatan juga sangat menyarankan untuk kita mengonsumsi daun seledri secara rutin.

11. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Apabila anda menginginkan mempunyai kulit wajah yang sehat dan tetap bersih, mengonsumsi jus daun seledri tentu dapat menjadi jalan keluarnya. Bahkan banyak pakar kesehatan yang menciptakan produk untuk kecantikannya sudah menyertakan daun seledri sebagai bahan dari pembuatan produknya.

Hal ini tentu membuktikan akan khasiat daun seledri untuk kecantikan yang memang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

12. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat daun seledri berikutnya yaitu dapat membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan luka luar pada kulit. Manfaat ini memang sudah diketahui sejak nenek moyang kita dan memang sampai saat ini masih menjadi cara sederhana apabila kulit terluka.

13. Memulihkan Kesehatan Tubuh Pasca Sakit

Daun seledri juga dapat berguna untuk mempercepat pemulihan sistem imun tubuh pasca anda mengalami sakit. Misalnya apabila anda baru saja sembuh dari masalah diare, maka dengan mengonsumsi daun ini tentu akan segera mengembalikan keseimbangan pada tubuh anda. Hal ini memang karena terdapatnya kandungan elektrolit pada daun seledri dan memang tergolong cukup tinggi.

14. Menjaga Kesehatan Ginjal

Apakah anda sudah mengetahui tentang daun seledri yang ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini tentu karena kandungan sodium dan kalium yang terdapat pada daun seledri berguna untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan bersifat deuretik.

Dengan mengonsumsi daun ini secara rutin tentu dapat mencegah anda terkena penyakit ginjal atau batu empedu.

15. Mengatasi Stress

Pada dasarnya, semua orang pasti pernah merasakan masalah stress ini. Stress sendiri akan terjadi apabila kita sedang mengalami kelelahan dalam beraktivitas dan kurangnya rekreasi.

Ketika anda mengalami stress, tentu akan sangat sulit bagi anda untuk berkonsentrasi didalam melakukan sebuah pekerjaan. Cobalah untuk meminum jus daun seledri untuk segera mengurangi rasa stress anda. Adanya kandungan magnesium yang memang terdapat pada daun seledri tentu akan sangat membantu didalam mengatasi masalah ini.

16. Mencegah dan Mengobati Penyakit Alzeimer

Manfaat daun seledri ini memang sangatlah banyak dan salah satunya yaitu dapat mencegah serta mengobati penyakit alzeimer. Pasti beberapa dari anda yang membaca artikel ini ada sebagian yang belum mengetahui tentang penyakit ini.

Penyakit alzeimer merupakan penyakit yang memang sangat sering diderita oleh para kaum lansia. Manfaat dari kandungan didaun seledri ini memang dapat membantu menghambat perkembangan penyakit alzeimer.

17. Meredakan Nyeri Haid

Beberapa penelitian menunjukan bahwa bagian biji seledri memang sangat cocok dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan obat yang berguna untuk meredakan nyeri pada saat haid.

18. Mengusir Nyamuk

Masalah banyaknya nyamuk memang sangatlah mengganggu, apabila kita sedang beristirahat dan banyak dikerumuni nyamuk memang terasa menyebalkan. Terlebih ada beberapa gigitan nyamuk yang memang dapat berdampak pada kematian.

Namun saat ini sudah banyak produsen yang menciptakan gel pengusir nyamuk dengan kandungan ekstrak seledri yang memang dapat bertahan lebih dari 4 jam. Manfaat daun seledri ini memang belum banyak diketahui banyak orang karena memang jarang orang yang membaca bahan apa saja yang digunakan untuk pembuatan gel pengusir nyamuknya.

Masih banyak tentunya manfaat dari mengonsumsi daun seledri terutama untuk kesehatan, namun anda perlu mengetahui berapa batasan untuk mengonsumsi daun ini agar tidak mengalami efek samping yang serius.

Demikian artikel tentang manfaat daun seledri ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Dapatkan Update Terbaru Dari Kami

1 komentar

  1. Artikel ini tentunya terkait dengan Khasiat Daun Seledri Untuk Pria , apakah ini hampir sama dengan artikel kami? Mohon kunjungan balik dan membaca konten kami di manfaat daun seledri untuk pria

    BalasHapus

Posting Komentar