n63AfrKB5vHuRoNMmV2ZPagb29vH6dxKuGyi6xUq
15 Manfaat Daun Kelor, Kandungan dan Efek Sampingnya (TERBUKTI)

15 Manfaat Daun Kelor, Kandungan dan Efek Sampingnya (TERBUKTI)

Tanaman kelor memang cukup familiar dan memang tidak asing lagi terdengar oleh masyarakat yang memang tinggal di Indonesia. Pada kesempatan ini kita akan membahas tuntas mengenai apa saja manfaat daun kelor dan beberapa kandungan yang memang terdapat didalamnya.

Ada beberapa orang yang memang menyebut tanaman ini dengan nama tanaman sejuta manfaat. Bukan hanya di negara kita saja, namun bangsa baratpun juga mengakui soal kehebatan dari daun satu ini untuk mengatasi berbagai penyakit.

Penjelasan Singkat Tanaman Kelor

Tanaman Kelor

Tanaman Kelor

Untuk memulai sesi ini mari kita bahas terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai tanaman kelor ini. Dilansir dari wikipedia, Kelor atau merunggai (Moringa Oleifera) merupakan sejenis tanaman yang memang berasal dari suku Moringaceae.

Beberapa nama lain yang memang sering disebutkan banyak orang yaitu moringa, limaran, ben oil, drumstick, horseradish tree, miracle tree (Pohon ajaib) dan malunggay. Nama tersebut juga hanyalah beberapa nama yang memang banyak dikenal oleh orang diseluruh dunia dan masih ada banyak yang lainnya.

Tanaman Kelor memang sutu jenis tanaman yang memang memiliki sistem pertumbuhan yang cukup cepat, berbunga sepanjang tahun, tahan cuaca ekstrim dan memiliki umur yang panjang. Masyarakat di Indonesia juga kerap kali menggunakan tanaman ini untuk dijadikan pangan serta obat.

Mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya yaitu mengenai apa saja kandungan yang memang terdapat pada tanaman kelor ini, khususnya pada bagian daunnya.

Kandungan Daun Kelor

Kandungan Daun Kelor

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Kelor memang saat ini cukup menyita perhatian dunia dan memang tergolong tanaman yang dapat menyelamatkan jutaan manusia yang mengalami kekurangan gizi.

Kandungan nutrisi dan senyawa yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita juga banyak terdapat pada seluruh bagian dari tanaman kelor ini, bukan hanya daunnya saja. Anda dapat mengambil kesimpulan dengan melihat gambar dibawah ini:

Penjelasan lanjut mengenai nutrisi dan senyawa yang terdapat pada daun kelor saya cantumkan kembali untuk memperjelas maksud dari gambar tersebut.

1. Vitamin A dan C

Menurut penelitian dari ahli pangan dari salah satu Universitas di Jakarta mengungkapkan bahwa Vitamin A dan C yang terdapat pada daun kelor memang tergolong cukup tinggi dibandingkan sayuran lainnya. Vitamin A tersebut juga memang bagus untuk imunitas dan Vitamin C bagus untuk kulit.

Dari kandungan Vitamin A dan C ini memang dapat menangkal atau mencegah terjadinya radikal bebas dan stres oksidatuf juga dapat berkurang.

2. Flavonoid dan Fitosterol

Kandungan Flavonoid dan Fitorterol yang memang terdapat pada daun kelor ini juga dikenal sebagai senyawa yang berfungsi untuk mencegah Diabetes dan Kolesterol. Umumnya beberapa tanaman obat yang sering kali digunakan untuk pembuatan obat herbal maupun kimia memang terdapat kandungan senyawa ini.

3. Kalsium

Sebagian orang memang hanya mengetahui bahwa kalsium hanya terdapat pada susu, itu salah besar. Kandungan Kalsium juga memang terdapat pada daun kelor yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah Osteoporosis.

Kalsium juga dapat berguna untuk mengaktifkan beberapa enzim dan hormon yang memang mengatur sistem pencernaan dan metabolisme lemak dalam tubuh kita.

4. Potasium dan Kalium

Selain mengandung Kalsium, daun kelor juga ternyata mengandung Potasium dan Kalium yang memang bermanfaat untuk menjaga dan melancarkan sistem peredaran dan tekanan darah pada tubuh. Dari hal ini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dengan mengonsumsi daun kelor dapat menjaga kesehatan jantung juga.

5. Efek Laktagogum

Pasti diantara kalian ada yang belum mengetahui apa itu Laktagogum. Senyawa Laktagogum yaitu zat yang memang berfungsi untuk memperlancar sistem produksi ASI (Air Susu Ibu) sama halnya dengan daun katuk. Apabila anda yang sedang dalam fase menyusui tentu akan sangat baik apabila mengonsumsi daun kelor ini.

6. Zat Besi

Ternyata daun kelor juga kaya akan zat besi. Zat ini memang suatu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menghasilkan darah sehingga pasokan darah pada tubuh akan selalu tercukupi.

Dari penjelasan ini maka kita ambil kesimpulan bahwa manfaat daun kelor juga dapat berguna untuk mencegah berkurangnya kandungan hemoglobin dalam darah (Anemia).

Bagian pembahasan mengenai nutrisi dan kandungan yang terdapat pada daun kelor telah selesai, kita lanjut ke bagian pembahasan berikutnya yaitu pembahasan mengenai manfaat dari daun kelor untuk kesehatan.

Beberapa Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Kelor

Membahas tentang manfaat atau khasiat daun kelor memang sangatlah banyak, terutama untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Manfaat tersebutpun muncul karena memang ada alasan yang kuat yaitu beberapa kandungan yang sudah dijelaskan tadi.

Berikut ini beberapa manfaat dari daun kelor yang memang sudah terbukti dirasakan banyak orang dan penelitian yang cukup.

1. Mengobati dan Mencegah Kanker

Menurut hasil penelitian yang memang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letter. Manfaat daun kelor untuk kesehatan yaitu dapat mengobati dan mencegah terkena kanker secara ampuh. Adapula beberapa kanker yang memang daoat diobati dengan media daun ini mulai dari kanker paru, payudara, dan kulit.

Hal tersebut memang karena terdapatnya kandungan antioksidan, karotenoid, protein, potassium dan senyawa lainnya yang memang dapat menangkal radikal bebas dan membasmi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol

Ketika tubuh anda mengalami kadar kolesterol yang tinggi tentu akan sangat riskan atau mudah mengalami penyakit jantung. Dengan anda mengonsumsi makanan nabati contohnya daun kelor ini tentu akan dapat mengurang kolesterol.

3. Mencukupi Gizi dan Produksi ASI

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, manfaat daun kelor juga sangat efektif untuk mencukupi kebutuhan gizi dan memperlancar produksi ASI untuk ibu yang sedang dalam fase menyusui buah hatinya. Perlu anda ingat, ketika sedang dalam kondisi hamil atau mengandung sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun kelor ini.

4. Anti-Aging

Khasiat dari daun kelor juga memang sebagai antioksidan yang memang efektif untuk mencegah terjadinya radikal bebas. Daun ini juga memang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan menyeimbangkan kadar kormon dalam tubuh sehingga anda akan awet muda.

5. Anti Stres

Adapula sebuah penilitan yang mengungkapkan bahwa daun kelor memang dapat berguna untuk melindungi tubuh dari efek toksis yang memang dipicu dari stres.

6. Menstabilkan Gula Darah

Ketika gula darah dalam tubuh terlalu rendah memang tidak baik terlebih apabila terlalu tinggi, itu juga sangat tidak baik dan tentu mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Kandungan Flavonoid yang memang terdapat pada daun ini memang dapat berguna untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh. Manfaat daun kelor untuk diabetes ini memang cukup banyak dikenal orang.

7. Mengobati Peradangan

Peradangan merupakan respon alami dari tubuh terhadap cedera atau infeksi dalam tubuh, apabila hal ini dibiarkan terus terjadi tentu akan dapat memicu gangguan pada jantung atau bahkan kanker. Adanya kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada daun kelor juga diketahui dapat mengurangi dan mengobati peradangan pada tubuh.

8. Menjaga Berat Badan

Bagi sebagian orang, memiliki berat badan yang ideal tentu merupakan suatu kebanggaan dan cita-cita tersendiri. Dengan mengimbangi dengan berolahraga dan mengonsumsi daun ini secara teratur tentu dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan memiliki tubuh bagaikan gitar spanyol (Langsing).

9. Menjaga Kesehatan dan Menghilangkan Flek pada Wajah

Manfaat daun kelor untuk kecantikan ini memang sudah cukup banyak diketahui oleh pakar kecantikan yang memang sudah menerapkan produknya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Bunga kelor juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan kosmetik, parfum, cologne, minyak rambut, dan minyak aromaterapi.

10. Menjaga Kesehatan dan Mengobati Penyakit Mata

Kandungan Vitamin A yang terdapat pada daun ini memang termasuk sangat tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan mata kita. Daun ini juga sering kali dimanfaatkan untuk bahan pembuatan obat herbal penyembuhan penyakit mata.

11. Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengonsumsi daun kelor juga dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan ginjal agar dapat bekerja dengan optimal sesuai fungsinya. Ketika anda mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tentu tidak dianjurkan karena akan menumpuk dibagian ginjal. Untuk mengatasi masalah ini konsumsilah daun kelor secara teratur untuk hasil yang maksimal.

12. Mengobati Rematik

Penggunaan daun kelor untuk mengobati rematik memang sudah dikenal cukup lama. Apabila anda mengalami masalah ini, cobalah untuk mengonsumsi daun ini secara rutin dan jangan lupa berdoa untuk kesembuhan anda melalui media daun ini.

13. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Daun kelor memang memiliki kandungan kalsium dan serat yang tinggi sehingga akan sangat ampuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh. Memang sangatlah tidak nyaman apabila kita mengalami gangguan sistem pencernaan misalnya susah BAB dan lainnya.

14. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Masalah mood atau suasani hati yang memang banyak dialami banyak orang memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa orang memang memiliki masalah psikis misalna depresi dan lain-lain.

Ada sebuah penelitian yang mengungkap bahwa daun kelor dapat bermanfaat untuk memperbaiki mood dan pikiran kita agar tetap stabil. Daun ini juga memilki fungsi sebagai Neurotransmitter dan senyawa Tiroid untuk menjaga kestabilan psikis.

15. Mengobati Cacingan

Sebagian orang memang mempercayai daun kelor dapat mengusir makhluk halus, namun bukan hanya itu saja. Daun ini juga dapat berfungsi untuk mengobati cacingan yang memang akan sangat mengganggu aktivitas kita. Coba anda bayangkan ketika sedang dalam kondisi yang sangat ramai orang anda menggaruk-garuk anu kan malu.

Rebuslah 3 lembar daun kelor dengan daun cabai dan meniran, minumlah air rebusan itu untuk segera mengatasi masalah cacingan yang anda alami.

Pada dasarnya masih banyak manfaat dari mengonsumsi daun kelor secara teratur dan tentu dalam jumlah batasan konsumsi yang cukup. Manfaat diatas saya tuliskan karena memang sudah banyak fakta yang sudah asli terjadi dan dari berbagai referensi.

Berlanjut ke pembahasan mengenai apa saja efek samping yang akan terjadi ketika mengonsumsi daun ini secara rakus atau berlebihan.

Efek Samping Mengonsumsi Daun Kelor Secara Berlebihan


Membahas mengenai efek samping tentu akan membuat anda berfikir dua kali ketika mengonsumsi daun ini. Namun anda tidak perlu khawatir mengenai efek samping ini, hal buruk tentu akan terjadi apabila anda berlebihan dalam penggunaan atau mengonsumsinya.

1. Gangguan Pada Ginjal

Efek samping ini dapat dipastikan dapat terjadi apabila anda mengonsumsi rebusan dari daun kelor secara berlebihan atau rakus. Ketika anda mengonsumsinya secara berlebihan tentu dapat memicu adanya gangguan fungsi ginjal yang tentu akan menghambat kinerja ginjal pada tubuh anda dalam mengolah cairan dalam tubuh.

2. Kerusakan Liver

Efek samping ini akan terjadi apabila anda meminum rebusan atau lalapan daun kelor dalam jangka waktu yang panjang dan tidak diimbangi dengan nutrisi dari sayuran lainnya. Penting untuk anda ketahui juga, daun kelor berbahaya untuk dikonsumsi penderita penyakit kuning dan hepatitis karena dapat merusak jaringan pembuluh darah disekitar hari.

3. Ejakulasi Dini dan Kegagalan Pembentukan Sperma

Bagi kaum pria, mengonsumsi daun kelor baik dalam bentuk minuman atau lalapan dalam jumlah besar tentu akan berakibat pada gangguan pembentukan sperma dan ejakulasi dini. Aturlah batas konsumsi daun ini agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

4. Mati Rasa Bahkan Lumpuh

Ketika anda mengonsumsi daun ini secara berlebihan juga akan riskan untuk terkena mati rasa bahkan sampai lumpuh. Jangan sampai anda mengalami hal yang cukup mengerikan ini hanya karena tindakan sepele, ingatkan juga kepada keluarga anda.

Demikian artikel yang membahas seputaran daun kelor baik mengenai penjelasan singkat, kandungan, efek samping dan manfaat dari daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Dapatkan Update Terbaru Dari Kami

1 komentar

Posting Komentar